ilmu hasil konsultasi para ahli

Hal yang Harus Dilakukan Untuk Membangkitkan Motivasi Kerja Karyawan

Kita semua menyadari bahwa persaingan usaha dewasa ini semakin ketat. Namun terkadang tidak dibarengi dengan semangat kerja karyawan. Terutama karyawan yang telah lama bekerja. Ada semacam rasa jenuh dan bosan dalam bekerja. Sehingga bisa mempengaruhi target dan produktivitas perusahaan.

Agar para karyawan bisa tetap memiliki motivasi kerja yang baik, selain hal-hal rutin seperti tunjangan hari raya dan bonus akhir tahun, kita juga perlu mengenali kekuatan dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing karyawan kita.

Tugas yang jelas

Berikan tugas serta tanggung jawab sesuai dengan kemampuan mereka sehingga mereka memiliki rasa puas apabila telah mampu menyelesaikan tugas yang diberikan. Jangan lupa hargai setiap prestasi yang telah dibuat dan berikan pujian atas keberhasilannya di depan teman-temannya. Namun sebaliknya, bika akan menegur, jangan di depan orang lain. Akan lebih bijak bila diajak bicara dari hati ke hati.

Target yang pasti

Memberikan keluwesan waktu kerja ternyata membuat karyawan bisa bekerja lebih baik, meskipun kontrol tetap dijalankan berdasarkan target masing-masing. Jadi dalam mempekerjakan karyawan ada baiknya bukan terfokus kepada berapa lama mereka bekerja, tetapi seberapa banyak hasil yang mereka capai. Berikan batasan target dan waktu secara jelas sehingga karyawan akan mengatur sendiri bagaimana mereka harus menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.

Kenyamanan masa depan

Memberikan gaji tinggi bukan jaminan karyawan akan terus termotivasi kerjanya, karena gaji tinggi bukan kunci utama untuk meningkatkan produktivitas kerja. Tetapi buatlah karyawan merasa aman dengan masa depan kerja atau karir mereka dengan terus bekerja di perusahaan yang kita kelola. 

Tujuan karyawan

Agar semua itu dapat terwujud, maka sebagai pengusaha kita juga harus mengetahui tujuan karyawan untuk beberapa tahun ke depan, dengan mengenal apa target dan tujuan mereka ikut bekerja di perusahaan kita. Dengan cara menanyakan dan memperhatikan masa depan mereka, karyawan merasa telah dianggap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari usaha yang kita jalankan.

Menjelaskan kemajuan yang telah dicapai perusahaan dan memberikan reward kepada karyawan dalam waktu-waktu istimewa juga mampu ikut memberikan andil dalam meningkatkan motivasi dalam bekerja.

Demikian, semoga bermanfaat dan salam sukses.




10 comments:

Reborn Games said...

Ramah sebagai pemimpin biar di seganin oleh Karyawan

Unknown said...

Motivasi sangatlah penting bagi karyawan, salah satunya dengan memberikan kenyamanan masa depan bagi mereka,tentunya hal itu dapat berdampak baik pada karyawan tersebut, dengan begitu karyawan - karyawan pun dapat memiliki semangat kerja yang tinggi dan dapat mengerjakan pekerjaannya dengan lebih baik lagi

Bang Faiz said...

sangat bermanfaat gan

Peter Parkour said...

Pemimpin juga harus tgas juga kalau mau memotivasi para karyawannya :D

a said...

Kita harus bisa menunjukkan apa yang dijadikan bahan motivasi itu sebelum memotivasi orang lain

Unknown said...

sangat bermanfaat gan bagi ane yang baru saja ingin merekrut karyawan di usaha ane hehe

Leon Sion Turnip said...

beri kenyamanan aja dh cukup :)

Unknown said...

nice om

WhaffByTSQ said...

Menurut ane sih, karyawan harus menerima bosnya, bos bisa menerima karyawannya. Gak boleh ada permusuhan. Saling menghargai satu sama lain, biar bisnis berjalan menjadi lancar

mal said...

Yup, benar sekali gan

Post a Comment

Hal yang Harus Dilakukan Untuk Membangkitkan Motivasi Kerja Karyawan